Pengertian Dan Fungsi Data Roaming Serta Cara Mengaktifkannya di Android dan iPhone

Daftar Isi
Pengertian Dan Fungsi Data Roaming Serta Cara Mengaktifkannya di Android dan iPhone

Roaming data, pasti familiar di telinga kita saat akan berlibur ke luar negeri atau bahkan dari promosi operator seluler di berbagai media. Jelasnya, setiap provider di Indonesia seperti Telkomsel, Indosat, XL, AXIS, Tri, Smartfren, dan lainnya memiliki istilah dan layanan ini. Pertanyaannya, apa sih sebenarnya arti dari 'roaming data' dan fungsi data roaming ini?


Roaming data, menurut situs resmi Smartfren, adalah cara ponsel terhubung ke internet saat berada di luar jangkauan, misalnya di luar negeri. Ini artinya, saat kita tak bisa terkoneksi dengan jaringan di negara yang dikunjungi, ponsel akan otomatis mencari jaringan lain yang tersedia di sana.


Biasanya, provider lokal bekerja sama dengan penyedia layanan telekomunikasi dari negara tersebut, memungkinkan kita tetap menggunakan perangkat dengan layanan dari negara asal. Namun, ini patut diingat, fitur roaming data hanya akan aktif jika kita mendaftar atau mengaktifkannya sebelum berangkat.


Menurut Online Tech, layanan ini tak gratis. Biayanya bervariasi, tergantung pada penyedia layanan internet yang kita gunakan. Untuk menghindari tagihan mahal, ada triknya: manfaatkan layanan WiFi yang ada di lokasi yang kita kunjungi.


Setelah paham soal arti dan cara kerja dari roaming data, ada baiknya kita kenali juga fungsi dari layanan ini. Berdasarkan Trusted Reviews, fungsi utamanya adalah memungkinkan pengguna provider tetap menggunakan perangkat seperti biasa. Contohnya, tetap bisa akses internet, kirim dan terima pesan baik lewat SMS maupun aplikasi online, lakukan panggilan suara maupun video, serta saat di mode pesawat, panggilan akan tersimpan sebagai voicemail.


Nah, untuk mengaktifkan atau menonaktifkan roaming data di Android atau iOS sebenarnya cukup sederhana. Berdasarkan informasi dari Groovypost, inilah cara-cara umumnya:


Cara Mengaktifkan Roaming Data di Android

  • Buka menu pengaturan di perangkat.
  • Pilih 'Jaringan dan Internet.'
  • Ketuk 'Jaringan Seluler' atau 'Mobile Network.'
  • Cari menu 'Roaming' dan atur dengan menggeser tombol toggle sesuai kebutuhan.


Cara Mengaktifkan Roaming Data di iPhone

  • Buka 'Setting' di iPhone.
  • Ketuk opsi 'Mobile Data' atau 'Data Seluler.'
  • Atur 'data roaming' dengan menggeser tombol toggle di sebelah menu 'Data Roaming.'


Itu tadi penjelasan singkat soal roaming data, fungsi data roaming dan juga langkah-langkah untuk mengaktifkannya di ponsel Android dan iOS. Semoga membantu untuk lebih memahami fitur ini, ya!

Posting Komentar