5 tips agar terhindar dari penyakit kanker payudara

Daftar Isi

Abdul Rahman - Kanker merupakan salah satu penyakit berbahaya yang di khawatirkan oleh semua orang, dimana penyakit ini dapat terjadi akibat pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkendali. Sehingga hal ini dapat menyebabkan jaringan tubuh normal menjadi rusak.


Pict by : YKPI 


Selain itu, hal yang menjadi penyebab utama penyakit kanker adalah terjadinya perubahan pada gen dalam sel. Sementara hal ini mengandung ribuan DNA dalam gen yang memberikan instruksi bagi sel untuk menjalankan fungsinya di organ tempat mereka hidup.  

Sementara pada artikel ini akan kami jelaskan mengenai cara mencegah penyakit kanker payudara, dimana penyakit ini adalah penyakit yang dialami oleh wanita.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mencegah terjadinya penyakit kanker. Sementara untuk mencegah penyakit kanker, ada beberapa cara yang harus Anda lakukan. Adapun cara untuk mencegah terjadinya penyakit kanker payudara, sebagai berikut :


5 tips agar terhindar dari penyakit kenker payudara :


1. Mengkonsumsi Makanan yang Mengandung Karotenoid

Cara pertama yang harus Anda lakukan untuk mencegah terjadinya penyakit kanker payudara adalah dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan karetonoid. 

Sementara karetonoid dapat disebut juga dengan pewarna kuning atau oranye serta merah seperti wortel, dan tomat. Sehingga dapat dinyatakan bahwa kandungan karetonoid yang terdapat pada makanan yang dapat Anda konsumsi dapat mencegah terjadinya kanker payudara.


2. Melakukan Olahraga Secara Rutin

Melakukan olahraga secara rutin merupakan salah satu aktivitas yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, olahraga tidak hanya dukenal untuk meningkatkan daya tubuh, akan tetapi berolahraga secara rutin dapat membantu Anda untuk mengurangi resiko terjadinya penyakit kanker payudara.

Karena, menurut seorang peneliti, wanita  yang biasanya kelebihan berat badan akan berisiko lebih besar terkena kanker payudara. Oleh karena itu, untuk mencegah terjadinya resiko tersebut, maka disarankan agar Anda dapat melakukan olahraga secara rutin.


3. Menurunkan Kadar Hormon Estrogen dalam Tubuh

Hormon estrogen merupakan salah satu hormon alami yang dapat mempengaruhi tingkat kesuburan seorang wanita. Sedangkan hormon estrogen yang berlebih di dalam tubuh dapat memicu penambahan berat badan, sehingga hal ini dapat meningkatkan risiko penyakit kanker payudara. 

Oleh karena itu, untuk mencegah terjadinya kanker payudara, Anda dapat menurunkan kadar hormon ini dengan mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan sulfur.


4. Melakukan Pemeriksaan Payudara Sendiri.

Kanker payudara dapat dideteksi sejak awal mula kemunculannya, dimana hal ini dapat Anda temukan dengan melakukan pemerikasaan payudara sendiri tanpa harus memerlukan bantuan dari dokter. Selain itu, seorang wanita juga di anjurkan untuk mengecek atau melakukan pemerikasaan kondisi payudaranya setiap bulan dengan tujuan untuk mengetahui perubahan yang mungkin terjadi.

Sedangkan cara yang harus Anda lakukan untuk pemerikasaan ini yaitu dengan cara memeriksanya di ruang yang tertutup, dimana hal ini dapat Anda lakukan dengan menyentuh dan rasakan seluruh area.  Sehingga Anda dapat merasakan gerakan melingkar mulai dari luar dekat ketiak hingga ke tengah puting.


5. Menghindari Alkohol.

Langkah terakhir yang dapat Anda lakukan untuk mencegah terjadinya kanker payudara yaitu dengan menghindari alkohol. Karena semakin banyak alkohol yang Anda konsumsi, maka semakin besar risiko Anda untuk terkena penyakit kanker payudara. 

Oleh karena itu, untuk mencegah terjadinya penyakit kanker payudara, maka disarankan agar Anda tidak terlalu banyak dalam mengkonsumsi alkohol.

Posting Komentar