7 khasiat dan manfaat buah semangka yang baik untuk kesehatan tubuh

Daftar Isi

Abdul Rahman - Buah ini menjadi favorit terutama saat musim panas tiba. Itu karena rasanya yang manis, serta buahnya yang berair. 




Di Indonesia sendiri buah semangka juga menjadi idola, terutama saat musim panas kemarau. Berikut ini kami jabarkan 7 Khasiat dan manfaat buah semangka yang baik untuk kesehatan tubuh kita. 


1. Mencegah dari Radikal Bebas

Karena kandungan likopen yang sangat bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh agar terhindar dari infeksi dari luar.


2. Menjaga Kesegaran Kulit

Semangka mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk kulit. Sehingga dapat menjaga dan meremajakan kulit. Mengkonsumsi buah semangka secara rutin dapat membuat kulit tampak segar.


3. Mengatasi Jerawat

Mengganggu penampilan dan membuat kita kurang percaya diri. Setiap orang ingin memiliki kulit yang halus. Salah satu cara menjaga kesehatan wajah agar terhindar dari jerawat adalah dengan melakukan terapi semangka. 



Setelah melakukan berbagai aktivitas, wajah menjadi penuh dengan kotoran akibat polusi dan kotoran di udara, salah satu cara membersihkan wajah adalah dengan buah semangka. Dengan cara : 

  • Ambil air dari jus semangka.
  • Usapkan air semangka menggunakan kapas pada wajah Anda.
  • Diamkan dan tunggu hingga 15 menit.
  • Kemudian bilas dengan air bersih.


4. Menjaga Imunitas

Kekebalan atau sistem imun akan naik turun sesuai kondisi bahkan pada cuaca ekstrim. Semangka kaya akan vitamin C. Vitamin C sangat berguna untuk menjaga daya tahan tubuh, sehingga Anda tidak mudah sakit.


5. Menyehatkan Tulang

Anda Semangka kaya akan kalium yang sangat berguna untuk membantu penyerapan kalsium dalam tubuh.

Karenanya mengonsumsi semangka secara rutin dapat menjaga kesehatan tulang.  


6. Mengurangi Lemak

Penumpukan lemak akan mengganggu diri sendiri. Semangka bisa jadi menu diet Anda. Karena semangka mengandung citruline yang mampu mengurangi lemak di tubuh.


7. Menjaga Ginjal kita

Ginjal adalah salah satu organ terpenting tubuh. Karena ekskresi ginjal atau membuang limbah yang tidak dibutuhkan tubuh melalui urine. 

Buah semangka mengandung banyak air, oleh karena itu buah semangka dapat memperlancar aliran air di dalam ginjal, sehingga dapat membantu proses ekskresi dalam tubuh.

Posting Komentar