Jangan salah! Begini cara menggunakan serum kecantikan yang baik dan benar

Daftar Isi

Abdul Rahman - Serum merupakan salah satu rangkaian skincare yang sangat penting untuk digunakan. Merawat kulit menggunakan serum dapat membuat kulit lebih ternutrisi dan terjaga. 


Pict by : Berl Facial Serum


Namun sayangnya masih banyak orang yang salah dalam menggunakan serum sehingga manfaat serum itu sendiri  tidak didapatkan oleh kulit wajah. Banyak orang yang merasa kulitnya masih tetap kusam, beruntusan dan tidak mendapatkan perubahan yang signifikan dari penggunaan serum. 

Untuk itu diartikel kali ini akan dibahas cara menggunakan serum yang benar agar manfaatnya dapat dirasakan oleh kulit wajah.


1. Membersihkan Wajah Dengan Benar Sebelum Mengaplikasikan Serum

Cara pertama menggunakan serum yang benar adalah dengan mencuci wajah hingga benar-benar dirasa bersih sebelum mengaplikasikan serum. 

Membersihkan wajah dengan benar selain dapa membersihkan sisa make up serta debu dan kotoran pada wajah, membersihkan wajah dapat mengangkat sel kulit  mati dan penyerapan rangkaian skincare yang akan digunakan termasuk serum dengan maksimal.


2. Gunanakan Serum Saat Kondisi Kulit Lembab

Setelah mencuci wajah, jangan mengerikan kulit sampain benar-benar kering baru mengaplikasikan serum. Gunakanlah serum saat kulit masih dalam keadaan lembab setelah mencuci wajah. Hal ini dikarenakan bila kondisi kulit wajah lembab, penyerapan serum akan lebih maksimal. 

Bila dirasa kulit terlanjur kering sebelum mengaplikasikan serum, dapat diatasi dengan menggunakan toner atau  face mist agar kondisi kulit kembali lembab dan wajah siap menerima rangkaian step skincare lainnya termasuk serum.


3. Mengaplikasikan Serum Dengan Benar

Saat menggunakan serum wajah, pastikan jumlah serum yang akan digunakan sesuai dengan kebuuhan kulit. Bila serum berbentuk cairan atau krim maka tuangkan serum keujung jari telunjuk ataupun dengan jarih tengan setelah itu aplikasikanlah pada wajah dengan lembut. 

Sedangkan untuk serum yang berbentuk oil dan terdapat pipet dalam kemasannya usahakan menuangkan serum pada teelapak tangan baru diaplikasikan pada wajah. Hal ini dikarenakan bila langsung menempelkan pipet serum pada wajah dapat mengkontaminasi pipet serum dengan kotoran yang ada diwajah. 

Mengaplikasikan srum menggunakan tisu atau alat bantu lainnya tidak dianjurkan karena akan mempersulit penyerapan serum pada kulit wajah. Sebaiknya aplikasikan serum pada wajah menggunakan telapak tangan agar serum lebih menyerap dengan maksimal pada kulit.


4. Menggunakan Serum Sesuai Kebutuhan Kulit 

Menggunakan serum yang benar adalah dengan mengaplikasikan serum sesuai dengan kebutuhan wajah. Menggunakan serum dengan jumlah yang berlebihan tidak akan membuat kulit mendapatkan nutrisi yang banyak pula. 

Hal ini dikarenakan bahan-bahan aktif yang sudah terkonsentrasi. Maka dari itu gunakan serum secukupnya 3 sampai 4 tetes pada wajah. Selain itu menggunakan serum terlalu banyak diklaim dapat mempersulit penyerapan serum pada wajah


5. Ratakan Penggunaan Serum Pada Kulit Wajah

Saat mengaplikasikan serum pada kulit pastikan serum benar-benar telah rata pada kulit. Caranya dengan mengaplikasikan serum menggunakan jari tengah dan jari telunjuk dikedua sisi. Lalu gunakan gerakan memutar kearah atas agar kulit tidak turun dan kendur. Setelah itu usap-usapkan kedua tangan kemudian tempelkan pada wajah. 

Hal ini dilakukan agar suhu hangat pada tangan berpinda pada wajah yang dapat melancarkan aliran serum pada wajah sehingga serum dapat bekerja maksimal pada wajah.


6. Gunakan Pelembab Setelah Mengaplikasikan Serum

Setelah menggunakan serum jangan sampai melupakan penggunaan pelembab atau moisturizer, hal ini dikarenakan selain memberikan kelembaban pada wajah, pelembab juga dapat mengunci formula serum yang sebelumnya sudah diaplikasikan pada wajah. 

Selain itu penggunaan pelembab juga dapat menghidrasi kulit dan membuat kulit tampak lebih Kenyal dan sehat. Berikan jeda untuk penggunaan pelembab setelah penggunaan serum sekitar 2 sampai 3 menit agar penyerapan serum bekerja lebih baik.

Posting Komentar