Waspada! Jenis makanan dan minuman yang menjadi pemicu terjadinya kanker rahim

Daftar Isi

Apa saja jenis makanan penyebab kanker serviks? Makanan penyebab kanker serviks yang harus dihindari seperti makanan yang digoreng, daging olahan, soda, makanan berpengawet, dan makanan yang mengandung akrilik amida misalnya keripik kentang dan kentang goreng. 



Pict by : Kompas.com


Berikut penjabarannya lebih lanjut : 

1. Makanan dan Minuman Berkadar Gula Tinggi 

Gula memang dibutuhkan tubuh sebagai salah satu sumber energi. Namun jangan mengkonsumsi secara berlebihan, karena gula berlebihan termasuk menjadi penyebab kanker serviks. Makanan atau minuman berkadar gula tinggi seperti kue-kue bercita rasa manis, sirup, minuman bersoda, dan lainnya dapat memicu kanker serviks. Maka batasilah konsumsinya. 

Perhatikanlah asupan gula per hari yang dibutuhkan oleh tubuh, agar Anda lebih berhati-hati ketika memilih asupan untuk tubuh. Mengonsumsi jus buah pun usahakan tidak menambahkan gula lagi, karena sebagian besar buah sudah mengandung gula didalamnya. 


2. Makanan yang Mengandung Banyak Lemak 

Batasilah konsumsi makanan berlemak tinggi, terlebih bagi Anda yang gemar mengonsumsi gorengan, karena lemak dapat memproduksi hormon estrogen. 

Apabila hormon ini terus menerus diproduksi dalam jumlah berlebih dan memaparkannya pada rahim maka akan memicu timbulnya sel kanker. Makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi patut dihindari apabila tak ingin mengalami kenaikan berat badan dan obesitas serta penyakit-penyakit kronis mematikan. Berbagai risiko penyakit dapat meningkat karena makanan berlemak.


3. Makanan yang Mengandung Bahan Kimia 

Kehadiran minimarket dan supermarket yang menjamur saat ini salah satu penyebab Keberadaan produk olahan yang praktis dan mudah diolah. Makanan-makanan mengandung banyak pengawet, mulai dari mie instan, sosis, makanan kaleng, dan sebagainya. 

Hal ini tentunya tidak aman untuk kesehatan, karena makanan atau minuman yang mengandung zat kimia seperti bahan pengawet, pemanis dan pewarna buatan merupakan salah satu jenis makanan penyebab kanker serviks. Sebaiknya batasilah konsumsi makanan atau minuman yang berpengawet tersebut, yang sebagian besar kita temukan di pasar modern atau supermarket saat ini 


4. Makanan yang Dibakar 

Tahukah Anda? Daging yang diolah dengan proses pembakaran dengan arang dapat mengaktifkan zat yang bersifat beracun, dan akan memicu kanker termasuk kanker serviks. Terlebih bila bagian gosongnya ikut termakan juga oleh Anda. jangan mengonsumsi bagian gosongnya karena berpotensi menyebabkan kanker. Hal itu karena arang mengandung karbon, di mana karbon digolongkan sebagai zat karsiogenik yang dapat memicu kanker.


5. Minuman dan Makanan yang Mengandung Alkohol 

Berhentilan/jauhilah mengonsumsi minuman atau makanan yang mengandung alkohol. Mengonsumsi alkohol berlebih dalam jangka panjang, akan meningkatkan resiko kanker. Kandungan yang terdapat pada alkohol membahayakan bagi kesehatan, karena dapat melemahkan fungsi organ tubuh, dan memicu berkembangnya sel-sel kanker di dalam mulut rahim. 

Hal ini pada akhirnya akan berakibat pada kanker serviks.

Posting Komentar