Ciri-ciri ram laptop mengalami kerusakan

Daftar Isi

Ketahui ciri-ciri ram laptop mengalami kerusakan - RAM (Random Access Memory) merupakan salah satu komponen yang sangat penting untuk memastikan kecepatan tingkat akses dan performa komputer atau laptop dalam mengolah data. Semakin besar kapasitas ram maka semakin baik dalam memprosses data saat bekerja, edit video mapun main game.




Ciri-ciri RAM Laptop Mengalami Kerusakan :


Bagi sobat yang masih bingung untuk membedakan apakah Ram tersebut bermasalah atau tidak, maka sobat bisa mengetahuinya dengan melihat gejalanya, dan ciri-cirinya sebagai berikut :


1. Komputer Restart Sendiri 

Ciri-ciri yang pertama yaitu Komputer sering restart sendiri merupakan salah satu gejala Ram mengalami kerusakan, tapi ada beberapa hal selain ram yang dapat mengakibatkan komputer restart sendiri.


2. Sistem Operasi Tidak Berjalan Dengan Lancar 

Tentunya setiap sistem operasi membutuhkan ram agar bisa bekerja dengan baik. Tetapi apabila ram mengalami kerusakan maka sistem operasi tidak dapat berjalan dengan lancar.


3. Komputer Atau Laptop Terasa Lambat (lemot) 

Komputer terasa lambat atau lemot meskipun tidak membuka aplikasi yang berat. Meskipun kapasitas ram yang terpakai kurang dari sebagian.


4. Blue Screen 

Blue Screen merupakan kondisi dimana ram mengalami masalah pada memori. Biasanya, Blue Screen di sebabkan dua hal yaitu rusaknya memori atau rusaknya hardisk.


5. Komputer Atau Laptop Tidak Mau Tampil di Layar Monitor 

Ciri-ciri kerusakan Ram berikutnya adalah layar komputer atau laptop tidak menampilkan apa-apa (blank hitam) tetapi mesin Komputer atau Laptop menyala.


6. Bunyi Beep Berkali-kali Ketika Di Nyalakan 

Bunyi beep merupakan salah satu ciri-ciri ram mengalami kerusakan


7. Sering Terjadi Error Ketika Menginstall Software 

Ketika sobat hendak menginstall software tapi terjadi error, bisa jadi itu di sebabkan ram sobat mengalami kerusakan


Apa yang harus sobat lakukan jika merasa Ram mengalami kerusakan? 

Nah, jika sobat menemui gejala salah satu ram mengalami kerusakan, maka saran saya yaitu mengganti Ram dengan yang baru, tentunya sesuai dengan ram yang rusak tadi. 

Tapi alangkah baiknya jika sebelum menggantinya sobat coba membersihkanya dahulu menggunakan penghapus pada bagian slot Ram, siapa tau masih bisa di gunakan. Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat.

Posting Komentar