Tips merawat charger adaptor laptop agar awet dan tahan lama

Daftar Isi

Charger Adaptor Laptop yang sudah mempunyai umur yang cukup tua memang seharusnya akan mengalami kerusakan pada bagian-bagian tertentu. Contohnya saja pada bagian fungsional dari charger tersebut, entah itu charger tidak dapat melakukan pengisian daya lagi atau lain sebagainya. Semakin berkembangnya teknologi, charger laptop dibuat seminimalis dan sepraktis mungkin sehingga tidak memakan banyak tempat untuk melakukan pengisian daya laptop.

Semakin banyak charger laptop yang mirip bahkan hampir sama dengan charger pada smartphone, menimbang smartphone zaman sekarang sudah mendukung fitur pengecasan dengan arus listrik yang tinggi. Sehingga, laptop yang menggunakan charger Type-C sudah dapat menggunakan charger smartphone yang menggunakan Type-C juga, begitupun sebaliknya. 




Charger laptop merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam berlangsungnya aktivitas menggunakan laptop. Merawat laptopnya saja sudah sangat sulit, apalagi harus merawat laptop dan chargernya. Untuk merawat charger adaptor laptop merupakan kegiatan yang susah-susah gampang untuk dilakukan. Nah, dibawah ini adalah beberapa tips sederhana yang dapat dilakukan untuk merawat charger adaptor laptop milikmu.


Tips Merawat Charger Adaptor Laptop agar awet dan tahan lama :


Laptop merupakan salah satu gadget yang banyak digunakan bagi kalangan mahasiswa dan para pekerja. Kebutuhan laptop dalam kinerja pembelajaran dan pekerjaan sangatlah penting, laptop digunakan sebagai penunjang dalam berbagai bidang pendidikan dan pekerjaan. Dalam dunia perkantoran, laptop menjadi sebuah hal penting yang harus dimiliki dalam setiap ruangan. Laptop dapat berguna untuk berbagai aktivitas mobile seperti browsing, membangun bisnis, membuat data, hingga sebagai sarana hiburan.

Charger adaptor merupakan alat yang digunakan untuk melakukan pengisian daya pada laptop. Biasanya charger adapter laptop berupa kabel yang mempunyai adaptor untuk mengatur arus yang masuk dan keluar. Dewasa ini adaptor laptop biasanya diletakan pada bagian colokan charger seperti pada charger smartphone. Tetapi untuk laptop gaming, adaptor laptop sedikit lebih besar daripada adaptor laptop biasa.

Untuk merawat charger laptop, tentunya ada beberapa hal yang harus kamu lakukan dan hindari, tujuannya adalah untuk memperpanjang masa pakai charger. Charger laptop sering kali mengalami kerusakan pada bagian adaptor-nya, bagian adaptor ini merupakan bagian sensitif yang tidak boleh terbanting atau pun tertindih. Adaptor ini menjadi bagian paling penting karena didalamnya terdapat pengatur arus listrik yang masuk dan keluar. Berikut adalah beberapa tips untuk merawat charger laptop.


1. Selalu Merapikan Charger Setelah Dipakai


Seperti yang sudah diketahui charger laptop terdiri dari adaptor dan kabel, merapikan charger laptop merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk memperpanjang umur charger. Meletakan charger dengan asal-asalan dapat berakibat fatal pada bagian kabel laptop, apalagi jika meletakan charger dengan posisi kabel dilipat seenaknya. Hal ini dapat merusak bagian dalam kabel yang dapat menyebabkan konsleting.


2. Gunakan Tas Laptop Jika Berpergian


Biasanya pada tas laptop mempunyai tempat khusus untuk meletakan kabel charger beserta adaptornya. Dengan menggunakan tas laptop untuk membawa charger dan laptop dapat memperpanjang masa pakai charger serta laptop. Tas laptop memang diciptakan khusus untuk membawa perangkat laptop beserta chargernya saat berpergian. 

Jika memakai sembarang tas, bisa-bisa laptop dan adaptor terhimpit saat berada di dalam tas. Tentunya hal ini tidak boleh terjadi karena dapat memperbesar resiko kerusakan yang terjadi pada laptop dan charger adaptor laptop. Jadi, mulai sekarang biasakan membawa laptop dan chargernya menggunakan tas laptop khusus yang biasanya disertakan dalam paket pembelian laptop.


3. Hindari Melakukan Overcharging


Saat melakukan pengisian daya pada laptop sebaiknya pengguna memperhatikan persentase baterai pada layar laptop agar tidak terjadi overcharging. Jika perlu gunakan alarm yang dapat mengingatkan pengguna saat baterai laptop sudah terisi penuh. Kegiatan overcharging sering kali digunakan karena pengguna lalai dan membiarkan laptop melakukan pengisian daya dalam waktu yang lama.

Hal ini dapat membuat adaptor laptop menjadi panas yang dapat merusak komponen penting dari adaptor. Namun, karena perkembangan teknologi yang pesat dewasa ini sudah banyak diciptakan adaptor yang dapat digunakan dalam waktu yang lama, biasanya jika baterai sudah penuh maka laptop menggunakan energi dari charger bukan dari baterai. Jadi, tips ini dikhususkan bagi kamu yang masih menggunakan laptop versi lama ya teman.


4. Sebisa Mungkin Adaptor Charger Tidak Tertindih atau Terhimpit


Dalam meletakan atau menyimpan charger adaptor laptop haruslah berhati-hati, jangan meletakkan atau menyimpan charger di sembarang tempat. Sebisa mungkin untuk menghindari adaptor tertindih atau terhimpit barang-barang lainnya. Apabila charger adaptor laptop tertindih oleh barang yang cukup berat dapat memperbesar resiko kerusakan pada adaptor laptop, tentunya hal ini dapat merusak komponen penting dari charger laptop.


5. Cabut Charger Laptop Dengan Benar


Jangan asal mencabut charger laptop dari colokan, perhatikan bagian charger yang kamu pegang saat menarik charger laptop. Jangan memegang kabel charger, melainkan peganglah bagian colokan charger atau pangkal kabel yang terlihat lebih kokoh. Jika menarik kabel saat mencabut charger laptop dapat merusak bagian dalam kabel yang dapat menyebabkan konsleting pada charger.


6. Hindari Menekuk Kabel Laptop


Kabel laptop adalah bagian sensitif yang tidak boleh diabaikan dalam merawat charger laptop. Menekuk kabel laptop saat digunakan atau tidak digunakan dapat merusak bagian dalam kabel yang berakibat pada kerusakan charger bahkan hingga konsleting pada kabel. Sebaiknya dalam menyimpan charger laptop disarankan untuk menggulungnya dan bukan melipat atau menekuk kabel.


Kesimpulan :


Diatas adalah beberapa tips sederhana untuk merawat charger laptop yang sering disepelekan oleh pengguna. Charger laptop itu sangatlah sensitif jangan sampai tertindih apalagi hingga terpijak oleh pengguna. Jangan asal menarik kabel charger laptop, dan hindari untuk menekuk kabel karena dapat merusak bagian dalam kabel. Diharapkan setelah membaca artikel ini para pengguna laptop dapat merawat charger laptop dengan baik dan benar.

Setelah berbincang cukup panjang, sekarang sampailah pada penghujung artikel ini. Terimakasih sudah mau mampir dan meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini. Kalo masih ada waktu luang kamu bisa membaca artikel lainnya pada blog ini. Sepertinya cukup sampai disini, admin mohon izin undur diri. Salam Hangat dan semoga bermanfaat. 

Posting Komentar