Tips merawat windows 7 agar aman dari virus

Hallo semuanya balik lagi dengan blog Abdul Rahman, kali ini saya akan membagikan kalian semua tips yang berguna untuk kalian pengguna laptop yang masih menggunakan sistem operasi windows 7. 




Siapa disini yang masih menggunakan windows 7 sebagai sistem operasinya? Saya rasa masih banyak orang yang menggunakan windows 7 sebagai sistem operasi dilaptopnya. Windows 7 sulit ditinggalkan bukan tanpa alasan, alasan kenapa windows 7 sulit sekali ditinggalkan pemain lama yaitu sistem operasinya yang simple, mudah dipahami dan dipelajari. Sistem windows 7 juga ringan dan tidak terlalu memakan penyimpanan laptop sehingga laptop-laptop yang memiliki spesifikasi rendah atau laptop kentang biasa dapat menggunakannya.

Seperti kita tau sistem operasi besutan perusahaan teknologi terbesar Microsoft telah memberhentikan dukungannya untuk sistem operasi windows 7 pada tanggal 14 januari 2020. Ini artinya Microsoft tidak akan mendukung atau tidak akan mengeluarkan update-update terbaru untuk windows 7 nya. 

Hal ini pun menjadi sasaran empuk untuk virus laptop yang berbahaya dan hacker diluar sana karena tidak adanya dukungan update keamanan dari Microsoft. Tapi bahaya ini sering sekali diabaikan karena kenyamanan dan efisiensi, orang-orang akhirnya enggan untuk meng-upgrade sistem operasi laptop mereka. 

Tapi tenang kali ini saya akan membagikan tips untuk kalian yang masih menggunakan windows 7 agar aman dan terhindar dari yang namanya hacker atau virus-virus laptop yang berbahaya. 

Dan berikut tips-tips nya :


1. Gunakan Anti-Virus terbaru 

Kenapa kita harus menggunakan Antivirus terbaru dan terpercaya? Jawabannya sudah jelas karena untuk menjaga keamanan laptop kalian. Antivirus dengan versi terbaru artinya tingkat keamanan nya sudah ditingkatkan dengan menambah fitur-fitur yang sangat berguna untuk melindungi laptop kalian dari virus-virus berbahaya. 

Terkadang banyak cara virus masuk kelaptop kita dan yang paling sering yaitu melalui sambungan USB atau wifi umum. Nah, dengan adanya perlindungan dari antivirus maka laptop kita akan terlindungi. Terpercaya maksud saya adalah Antivirus yang sudah terjamin kualitasnya. Banyak diluar sana Antivirus yang masih diragukan tingkat keamanannya. Jadi mulai sekarang pilihlah Antivirus yang terbuktik kualitasnya misalnya Smadav, Avast, Avira, Dll.

 

2. Berhenti mendownload dari sumber tidak dikenal

Ini hal yang sering banget orang lakuin termasuk saya dulu. Mendownload software dari sumber yang tidak dikenal, hal inilah yang menjadi masalah, bukan tanpa alasan dengan mendownload software dari sumber yang tidak diketahui kualitasnya artinya kita tidak tau apakah software itu asli atau virus yang menyamar menjadi software. 

kemungkinan besar hal yang dapat terjadi jika kita sampai menginstal software dari sumber yang tidak diketahui yaitu laptop kita terinfeksi virus yang berbahaya, bisa saja virus itu merusak laptop kalian atau mencuri data kalian bahkan yang lebih parah dapat mengendalikan laptop kalian. Jadi mulai sekarang download lah dari sumber terpercaya  atau jika kalian punya biaya kalian dapat membeli lisensi software yang kalian inginkan.

 

3. Rutinlah Meng-Scan Laptop Anda Dengan Anti-Virus

Secara berkala scan Laptop anda dengan antivirus. Terkadang sulit mengenali apakah laptop kita terinfeksi virus atau tidak. Cara  yang paling umum digunakan adalah dengan scan antivirus, dengan begitu kita tau apakah laptop kita terinfeksi virus atau tidak. Rutinlah mulai sekarang mungkin sekali sebulan cukup untuk melakukannya. Jadi mulai sekarang jangan malas men-scan laptop kalian.


4. Meng-Upgrade Sistem Operasi

Mungkin inilah tips terakhir yang dapat gunakan. Meng-upgrade sistem operasi ke yang lebih tinggi. Jika kalian mempunyai uang atau biaya untuk meng-upgrade sistem operasi laptop kalian sebaiknya saya sarankan untuk mengupgradenya bukan tanpa alasan dengan meng-upgradenya keamanan laptop kita terjamin. Jangan berpikir dua kali untuk keamanan laptop kalian. Jangan tunggu kalian mengalaminya baru berpikir untuk mengupgradenya. Tapi jika kalian tidak memiliki biaya kalian bisa menggunakan ketiga tips diatas untuk mencegah virus masuk kelaptop kalian.

Nah, itulah beberapa tips yang mungkin berguna untuk kalian yang masih menggunakan windows 7. Tidak ada salahnya menggunakan nya tetapi mungkin keperdulian kita dengan keamanan laptop kita harus lebih tinggi. Jadi mulai sekarang lindungilah laptop kalian. Sekian artikel saya kali ini semoga bermanfaat untuk kalian semua, tunggu tips dan trik dari saya selanjutnya.

Post a Comment

Berkomentarlah yang baik dan sopan

Lebih baru Lebih lama

Advertising

Advertisement