Masa lalu adalah pelajaran untuk masa depan

Daftar Isi

Abdul Rahman - Setiap orang mempunyai masa lalu. Perjalanan yang telah dilalui dalam kehidupan hingga pada akhirnya bertemu pada satu titik pertemuan yang baru dengan orang yang baru mungkin akan banyak menimbulkan pertanyaan. Mengapa?




Pertanyaan yang timbul pada raga yang mengharap pertemuan tersebut bukan hanya pertemuan sebagai tempat singgah sementara, namun tempat tinggal yang akan terjalin bahagia dalam kekal hingga di Surga nanti.

Raga yang terbatas duniawi lahir dari keluarga sederhana dengan hati yang memutuskan untuk berhenti mencari dan tak ingin terbagi. Pribadi yang senantiasa ingin memperbaiki diri dari lingkungan dan orang-orang yang di sayangi. Pelajaran tentang masa lalu yang di dapat diperjelas oleh seseorang yang ikut dalam cerita kerudungnya menjadi pelajaran yang sangat berharga dan berharap dapat menjadikan pola pikir dan tingkah laku menjadi lebih dewasa.

Cermin masa lalu bisa saja dijadikan sebagai cermin untuk masa depan tapi dengan begitu masa depan tak akan lebih baik dari masa lalu jika masa lalu tersebut selalu dilihat melalui cermin yang akan menghalangi pandangan ke depan untuk lebih baik.

Kaca Spion masa lalu dapat di lihat dari sebuah kaca spion, kaca spion yang dilihat tak akan menghalangi pandangan ke depan, tak akan menghalangi perjuangan untuk kehidupan di masa depan, dengan kaca spion masa lalu sesekali dilihat agar lebih bisa berhati-hati untuk berjalan ke depan. 

Hal yang dilakukan agar tidak terjebak dalam sebuah permasalahan yang sama ketika berada di masa yang lalu. Masa lalu dijadikan sebuah pelajaran hidup agar dapat lebih bijak dalam menyelesaikan sebuah masalah yang pada akhirnya perjuangan untuk masa depan tidak akan berakhir pada hal yang sama dengan masa lalu. Hingga bahagia dalam kekal di Syurga yang selalu dipanjatkan dalam doa menjadi sebuah hal senantiasa diharapkan dapat memjadi kenyataan.

Perlu diketahui juga kalau masa depan tidak akan ada tanpa masa lalu, masa lalu selalu identik dengan sebuah adegan tertentu, masa lalu yang baik adalah masa malu yang bersifat buruk dan tidak ada akan terulang lagi untuk masa depan, ibaratkan cermin yang masa depan dalam kehidupan. Setiap orang punya masa dan punya cerita tertentu untuk bisa mengingat melupukan segalan masa lalu yang membuatnya tidak bahagia. 

Pola pikir dewasa yang digunakan dalam menjadikan masa lalu sebagai cermin kehidupan dimasa lalu adalah dimana kecewa dimasa lalu akan jadi semangat untuk menjalani masa depan, bukan malah menutup hati untuk tidak bisa berkata kata atau dengan kata lain trauma dan rasa takut yang berlebihan akan kemungkinan kemungkin hal itu akan terjadi.

Tetap kuat dan jalani hari hari dengan harapan.
Jadikan masa lalu sebagai bayang bayang yang tidak kuat untuk berkuasa.
Mungkin itu saja motivasi kali ini, semoga kita kuat dalam menghadapi segala ujian dan cobaan dari sang maha kuasa. Amiinn...

Posting Komentar