Daftar wisata yang ada di kabupaten bojonegoro

Daftar Isi




Letak geografis dan daftar wisata yang ada di kabupaten bojonegoro- Sebagai salah satu kabupaten di provinsi Jawa Timur, Bojonegoro jelas punya daya tarik tersendiri. Kabupaten ini bagaikan harta karun tersembunyi yang jarang diketahui banyak orang karena punya kekayaan alam dan pariwisata yang indah. 

Dengan semakin gencarnya pembangunan di Kabupaten Bojonegoro, saat ini banyak wisatawan yang mulai berdatangan dan berwisata di kabupaten berjuluk Kabupaten Penghasil Minyak tersebut. 

Jika kebetulan Anda tertarik berwisata ke kabupaten ini, sebaiknya simak potensi wisata dan profil kabupaten Bojonegoro berikut ini! 


Letak Geografis 

Kabupaten Bojonegoro terletak di wilayah Jawa Timur. Kabupaten ini berbatasan langsung dengan 5 Kabupaten lainnya seperti Kabupaten Lamongan, Kabupaten Tuban, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Ngawi, dan Kabupaten Madiun. 

Sebagai pusat pemerintahannya, Kabupaten Bojonegoro menjalankan sistem pemerintahan daerah di pusat Kota Bojonegoro. Rata-rata penduduk yang berada di wilayah ini berjumlah sekitar satu juta tiga ratus lebih jiwa. 

Dengan luas daerah sekitar dua ribu tiga ratus kilometer persegi, Kabupaten Bojonegoro cukup nyaman dan punya lahan yang luas untuk ditinggali.

Wilayahnya yang dikelilingi oleh persawahan dan berbatasan langsung dengan Sungai Bengawan Solo, menjadikan Bojonegoro sebagai salah satu daerah penghasil utama pertanian. Dengan segala kenyamanannya, Anda wajib mempertimbangkan untuk tinggal di Kabupaten Bojonegoro. 


Pemerintah Daerah

Berdasarkan profil kabupaten bojonegoro, kabupaten ini dipimpin oleh seorang Bupati bernama Dr. Hj. Anna Mu'awanah yang sampai saat ini masih aktif menjabat sebagai Bupati Kabupaten Bojonegoro. Beliau telah menjabat sebagai Bupati sejak tahun 2018 sampai sekarang. Di bawah pemerintahan beliau, banyak perkembangan dan pembangunan yang telah dilakukan untuk membangun Kabupaten Bojonegoro semakin maju dan punya daya tarik di tengah masyarakat. 

Secara wilayah pemerintahan, Kabupaten Bojonegoro memiliki 28 kecamatan yang menyebar di seluruh wilayah Kabupaten Bojonegoro. Kabupaten ini juga telah mengalami pemekaran wilayah yang bertujuan untuk memajukan daerah. 

Seperti membangun mega proyek yang digunakan untuk perbaikan jembatan penghubung dari Padangan - Kasiman, pembangunan Gedung Dinas Pendidikan, Masjid Agung Darussalam, Alun-alun, dan masih banyak lagi. Pembangunan besar-besaran juga dilakukan oleh Bupati Bojonegoro untuk memperbaiki fasilitas serta sarana dan prasarana publik seperti membangun kawasan Waduk Gongseng, Taman Kota Rajekwesi, Gedung Olahraga (GOR), dan Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Seluruh pembangunan ini dilakukan untuk memajukan Kabupaten dan masyarakat Bojonegoro.


Daftar Destinasi wisata 

Ada beberapa daerah unggulan yang bisa menjadi destinasi wisata wajib setiap kali berkunjung ke tempat ini. Beberapa destinasi di antaranya bahkan sudah cukup  terkenal di kalangan para wisatawan lokal hingga mancanegara. 

Jika Anda tertarik  untuk berlibur ke daerah ini, coba simak profil kabupaten bojonegoro dan daftar  destinasi wisata apa saja yang wajib untuk dikunjungi berikut ini! 


1. Kawasan Taman Rajekwesi

Tak banyak yang tahu kalau Bojonegoro punya kawasan taman kota yang indah dan asri untuk dikunjungi saat liburan. Apa lagi kalau bukan Taman Rajekwesi. Meski  hanya berupa taman kota, rasanya Anda wajib memasukkan kawasan ini ke dalam daftar wisata tempat wisata yang wajib untuk dikunjungi saat ke Bojonegoro. Di  taman ini disediakan arena jogging dan tempat bermain untuk anak-anak. Dijamin  bakal senang kalau mengajak anak-anak datang ke tempat ini.  


2. Kawasan Kayangan Api

Tak lengkap rasanya bila berkunjung ke Bojonegoro tapi tak mampir ke kawasan wisata yang satu ini. Bagi Anda yang baru pertama kali berkunjung ke Bojonegoro,  sempatkanlah untuk datang ke kawasan Kayangan Api. Kawasan ini adalah salah  satu destinasi wisata khas yang dimiliki oleh Bojonegoro.  

Menawarkan pemandangan berupa kobaran api abadi yang fenomenal, Anda akan dibuat takjub saat melihatnya. Tak jauh dari kawasan ini ada juga area kubangan lumpur berbau belerang yang dipercaya ada sejak zaman Kerajaan Majapahit.


3. Kawasan Agrowisata Belimbing

Siapa yang tidak tahu dengan kawasan wisata yang satu ini? Bagi para pelancong, Agrowisata Belimbing ini adalah destinasi wajib yang tak boleh dilupakan saat  mampir ke Bojonegoro. Sama seperti namanya, agrowisata ini bisa menjadi area  piknik bersama keluarga.  

Setelah berpiknik, Anda bisa mengambil buah belimbing yang tersebar di dalam kawasan wisata untuk dijadikan buah tangan. Tempat wisata ini cocok sekali  dikunjungi bersama keluarga atau rombongan teman-teman.  


4. Kawasan Negeri di Atas Angin

Wisata selanjutnya yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Bojonegoro adalah kawasan Negeri di Atas Angin. Kawasan wisata ini cukup populer di kalangan anak  muda, apalagi di kalangan para pelancong yang gemar melihat pemandangan- pemandangan alam.  

Dari ketinggian 650 meter, Anda bakal disuguhkan oleh keindahan alam yang tak biasa. Sebab, di ketinggian tersebut Anda bisa melihat kabut sehingga seolah-olah  sedang berada di atas awan. Karena keindahan pemandangan inilah, kawasan ini  sering digunakan juga sebagai tempat mengambil foto pra pernikahan.

Demikian artikel kali ini yang membahas sedikit tentang profil kabupaten bojonegoro. Selamat membaca dan Terima kasih. 

Posting Komentar