Tips sehat saat musim hujan

Daftar Isi

Musim hujan sering familiar di kaitkan sebagai sumber masalah kesehatan, seperti halnya flu pilek bahkan demam berdarah mengintai di depan mata. Oleh karena itu kita di haruskan tetap menjaga daya tahan tubuh agar tetap fit dalam menjalani aktivitas sehari hari. Direkomendasikan juga untuk selalu mengonsumsi suplemen dan Vitamin supaya tubuh kita tetap terpenuhi nutrisinya.





Sebenarnya setiap orang memiliki sistem imun/daya tahan tubuh dalam dirinya, sistem imun merupakan sistem pertahanan atau kekebelan tubuh yang mempunyai peran dalam mengenali dan menghancurkan benda asing atau sel abnormal yang dapat merugikan tubuh.

Selain mengandalkan pertahanan kita dari dalam, kita juga di tuntut untuk menjaga level stamina kita dari luar, karena kekebalan imun juga bergantung pada asupan nutrisi dan olahan gerak tubuh, karena sistem kekebalan setiap orang berbeda beda maka kita di wajibkan untuk menerapkan pola hidup sehat.

Sesuai konsep judul di atas, ada beberapa tips yang bisa di terapkan agar kondisi tubuh tetap prima meski saat musim penghujan.


Menurut dosen Universitas Surabaya (Ubaya) dr. Puri Safitri hanum SpPD menjelaskan beberapa tipsnya agar tetap sehat di musim hujan:


1. Jangan lupa membawa perlengkapan, seperti halnya payung atau jas hujan ketika hendak keluar rumah, jika terkena air hujan segera mandi dengan air hangat atau ganti pakaian dengan yang baru, supaya tubuh tetap hangat dan tidak ada bakteri yang menempel di tubuh kita.


2. Konsumsi makanan empat sehat lima sempurna dengan kandungan gizi dan nutrisi yang mencukupi, jangan lupa mengkonsumsi buah serta sayur yang kaya akan vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh. Ujarnya


3. Istirahat yang cukup kurang lebih 6-8 jam, kurangnya tidur dapat menimbulkan setres dan menyebabkan menurunya daya tahan tubuh, oleh kerenanya istirahat yang cukup sangat penting bagi kesehatan tubuh.


4. Selain mengonsumsi makanan dan istirahat yang cukup, olahraga juga penting untuk daya tahan tubuh, lakukan minimal 2 - 3 kali seminggu, karena olahraga penting untuk melancarkan peredaran darah dan membersihkan oksigen dalam tubuh.


Selain itu seseorang juga dapat mengonsumsi jahe untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya, karena kandungan jahe yang kaya akan vitamin C dan magnesium yang berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh.


Mungkin itu saja beberapa tips yang bisa di terapkan agar daya tahan tubuh tetap prima saat musim hujan.

Silahkan di terapkan, semoga selalu sehat :)

Jika berkenan tinggalkan jejak di komentar.

Posting Komentar