Pentingnya menjaga kelestarian lingkungan

Daftar Isi

Pentingnya menjaga kelestarian lingkungan - Hello sobat blogger, kembali lagi di blog Abdul Rahman, kali ini saya akan berbagi sedikit info tentang pentingnya merawat sebuah lingkungan. Oke langsung saja..



 

Lingkungan merupakan suatu kondisi yang berada di sekitar kita, yang mencakup segalanya seperti sumber daya alam serta flora dan fauna. 

Setiap individu pasti menginginkan sebuah lingkungan yang asri, sejuk serta nyaman pastinya, karena lingkungan yang asri dan hijau memiliki peran penting dalam kehidupan kita. Selain udaranya yang sejuk yang dapat menenangkan suasana hati juga kebersihan akan oksigen yang dihasilkanya, yang mana sangat penting untuk kesehatan organ pernafasan kita. 

Namun apakah kita menyadari bahwa untuk terciptanya suatu lingkungan yang asri sejuk dan hijau membutuhkan peran dan campur tangan kita sebagai eksekutor kondisi tersebut. Yang patut dilakukan adalah dengan menjaga serta merawatnya sebaik mungkin, karena jika kita salah dalam ambil tindakan maka dampak yang dihasilkan akan sangat merugikan. 

Seperti halnya meningkatnya suhu panas bumi dan peran resapan air yang berkurang, hal ini akan menyebabkan tingginya daerah rawan banjir. Seperti halnya mengacu pada kondisi di kota kota besar yang mana terdapat banyak gedung gedung tinggi yang menggantikan peran dari ekosistem lahan hijau yang menjadikanya minim akan daerah resapan air sehingga menimbulkan bencana banjir yang bahkan tak kunjung surut. Hal ini di sebabkan oleh cerobohnya ulah manusia itu sendiri. 

Untuk mengikuti era modernisasi pembangunan berkelanjutan gencar di lakukan, yang menjadikan berkurangnya lahan hijau. Hutan lebat yang asri nan sejuk harus digunduli demi kemajuan dan kemewahan suatu daerah, tentu hal itu tidak di benarkan, mengingat hutan sangat banyak memberi manfaat penting bagi kesehatan kita. 

Namun kini lahan yang seharusnya terdapat banyak pepohonan malah di buat untuk membangun gedung tinggi. Hanya untuk sebuah properti yang mengatasnamakan bisnis, beberapa kalangan sama sekali tidak memikirkan dampak yang di timbulkan, tidak memikirkan kelanjutan ekosistem lahan hijau di generasi berikutnya, mereka hanya memikirkan keegoisan mereka sendiri terhadap pundi pundi peluang bisnis yang pasti menguntungkan baginya. 

Modernisasi dan pembangunan pasif memang penting dilakukan, selain sebagai penyedia sarana dan parasana keperluan masyarakat juga sebagai tolok ukur suksesnya suatu pemerintahan. Oleh sebab itu tak sedikit sebuah kota memiliki jumlah gedung yang tak terhitung banyaknya. 

Kendati demikian meski kita mendapat apa yang kita inginkan tapi kita akan dihadapkan dengan namanya efek yang di timbulkan. Yaa gersang dan panas. Kondisi yang terbentuk dari adanya penggerusan lahan hijau dan ditambah lagi dengan efek mesin berteknologi yang membuat suhu menjadi lebih panas. Bukankah suhu panas dan udara yang berpolusi kurang baik bagi kita? 

Hal tersebut seharusnya membuat kita sadar bahwasanya menjaga lingkungan hijau itu sangat penting bagi kita. Dengan cara kita bisa mereboisasi di sekitar sekitar rumah dan di setiap selah jarak gedung, dengan begitu polusi yang sempat memenuhi udara lambat laun akan tergantikan dengan oksigen segar yang menyehatkan. 

Selain upaya diatas, peran pemerintah juga harus ada dalam proses penerapan ini, misalnya penegasan bagi siapa saja yang membuang sampah tidak pada tempatnya akan dikenai sanksi. Karena selain menyebabkan banjir sampah juga dapat mencemari udara di sekitar kita. Oleh sebab itu antisipasi sejak dini sangat penting bagi kita untuk menjauhkan lingkungan dari bencana banjir. 

Selain itu untuk hal kecil kita bisa melakukan upaya rutin untuk mengecek selokan selokan di sekitar rumah memastikan tidak ada sampah yang menghambat jalanya air. Dengan begitu selokan juga akan terbebas dari sarang nyamuk yang membahayakan kesehatan.

Mungkin ini saja artikel kali ini, semoga kita bisa menjaga kelestarian lingkungan kita. Sampai jumpa dilain artikel dan semoga bermanfaat.

1 komentar

Abdul Rahman 29 Desember 2020 pukul 13.06 Hapus
Oke mas, terima kasih 🙏