Cara efektif menambah tinggi badan

Daftar Isi


                        Cara Efektif menambah tinggi badan - Tinggi badan ideal adalah dambaan bagi setiap orang, karena postur tersebut dapat menjadi nilai plus dalam hal apapun.

Sebenarnya berkembangnya tinggi manusia terjadi dalam beberapa fase pertumbuhan. Tentunya ini berbeda antara fase pria dan wanita. Lalu seperti apa proses fasenya, perhatikan penjelasan berikut :

1. FASE PERTUMBUHAN WANITA 


Saat masa anak anak umumnya tubuh wanita lebih kecil dan lebih pendek dibanding pria. Namun pertumbuhan perkembanganya akan semakin pesat saat wanita memasuki masa pubertas yakni 8 - 13 tahun. 

Dan biasanya wanita akan mencapsi puncak pertumbuhan tingginya 2 tahun setelah masa pubertas, yakni berkisar antara umur 14 - 16 tahun. Wanita memang akan cepat mengalami tumbuh tinggi namun setelahnya akan melambat, bahkan sudah tidak tumbuh tinggi lagi.

2. FASE PERTUMBUHAN PRIA 


Berdeda dengan wanita, umumnya pria terlihat lebih tinggi ketika masa anak anak. Namun, ketika memasuki masa remaja wanita terlihat lebih tinggi dibanding pria, ini karena wanita lebih cepat mengalami masa pubertas, sedangkan laki laki biasanya akan mengalami pubertas pada usia 11 - 14 tahun. 

Ketika pertumbuhan tinggi wanita mulai melambat, pria justru sedang pesat.
Pada usia 16 - 19 tahun, laki laki akan mencapai puncak pertumbuhan tingginya.
Hal yang sangat tidak biasa terjadi apabila seseorang masih bertambah tinggi pada usia setelah 19 tahun.

Sedangkan ada beberapa faktor yang mempengaruhi tumbuh tinggi pria dan wanita diantaranya : 



1. ADANYA LEMPENG EPIFISIS

Dilansir dari Healthline, pertumbuhan tinggi tubuh manusia dipengaruhi oleh lempeng epifisis atau lempeng pertumbuhan. Ini merupakan sustu area khusus pada tulang rawan yang berada pada ujung tulang panjang setiap manusia.

Pertumbuhan tinggi akan terus bertambsh pada tulang panjang anda apabila lempeng pertumbuhan tersebut masih aktif atau terbuka, di akhir masa pubertas bagi pria dan wanita. Lempeng ini akan menutup sehingga pertumbuhan tinggi tidak akan lagi bisa bertambah. 

Itu sebabnya, bagi kebanyakan orang tinggi tubuh tidak akan bertambah ketika memasuki usia 18 hingga 20 tahun. Adanya kompresi dan dekompresi cakram di tulang belakang yang membuat pertumbuhan tinggi sepanjang hari semakin melambat hingga tidak terjadi.


2. JENIS KELAMIN JUGA MEMPENGARUHI TINGGI BADAN 

Jenis kelamin juga menjadi faktor yang berpengaruh pada pertumbuhan tinggi badan seseorang. Terutama wanita, wanita lebih cenderung memiliki potensi tubuh sedikit lebih tinggi dibanding pria. Hal ini dikarenakan masa pubertas wanita lebih cepat dibanding pria.

Kondisi medis tertentu seperti kelainan genetik juga berpengaruh terhadap tumbuh tinggi seseorang, karena pada penyakit kelainan genetik seperti gigantisme, dwarfisme, sindrom down dan sindrom turner. Yang mana pertumbuhan hormonya tidak normal.

Sebenarnya tinggi badan seseorang juga dapat bercermin dari gen/genetik orang tuanya. Sekitar 60 - 80 persen perbedaan tinggi terjadi karena faktor genetik atau keturunan. Jika orang tua kalian tinggi, berarti kemungkinan besar kalian juga tinggi dan begitu sebaliknya. 

Sedangkan 20 - 40 persen dipengaruhi oleh faktor lainya. Jadi juga penting untuk memperhatikan anggota keluarga, kalau ada yang bertubuh tinggi ada kemungkinan masih bisa tumbuh, namun jika satu kelurga ada yang pendek, kemungkinan kalian tidak tinggi. 

Namun pedoman tersebut tidak selalu bisa di jadikan tolok ukur bagi tumbuh kembang seseorang, jika tidak di barengi dengan gaya hidup sehat.

Nah di artikel kali ini saya akan berbagi sedikit tips tentang cara menambah tinggi badan, bagi kalian yang merasa tinggi badan kurang dari rata" atau lebih pendek dari pada teman" anda, silahkan simak beberapa tips untuk anda.


CARA EFEKTIF MENAMBAH TINGGI BADAN : 


1. PULL UP 

Bagaimana PULL UP bisa menambah tinggi badan kita? 

Yaa, karena gerakan PULL UP yang mengangkat tubuh kita ke gravitasi hingga se lambaian tangan kita kemudian menurunkan kembali dan mengangkat lagi hingga berulang membuat otot menjadi kuat dan tulang belakang serasa ketarik, peregangan itulah yang akan membantu meningkatkan tinggi badan anda, untuk hasil maksimal lakukan cara tersebut secara rutin 3 - 4 kali dalam seminggu.


2. LARI KECIL / JOGGING 

Lari kecil atau aktivitas jogging juga dapat membantu menambah tinggi badan anda karena jogging dapat membantu memperkuat otot bagian kaki dan mestimulus pertumbuhan tulang, barengi jogging dengan melakukan lompatan kecil hal ini bertujuan untuk peregangan daerah bagian kaki.


3. KONSUMSI MAKANAN TINGGI KALSIUM

Selain olah fisik yang memadai untuk mempengaruhi tumbuh tinggi kembang, mengonsumsi makanan yang tinggi kalsium juga berperan penting dalam menambah tinggi badan, pasalnya vitamin d fosfor kalsium dan magnesium terlibat dalam kesehatan tulang, yang merupakan pusat pertumbuhan.

Tak hanya itu, penelitian lain menunjukkan bahwa probiotik yang merupakan jenis bakteri menguntungkan yang sering di temukan di makanan fermentasi, juga dapat meningkatkan proses pertumbuhan.


4. BERENANG 

Selain memberikan efek positif bagi kesehatan jantung, berenang juga bisa menambah tinggi badan kita, pasalnya berenang bisa memicu pelepasan hormon pertumbuhan yang mendukung tumbuh tinggi kembang, selain itu hampir seluruh otot tubuh bekerja saat berenang, hal itu akan membantu menambah tinggi badan pada anak.


5. BERSEPEDA 

Bersepeda merupakan olahraga yang banyak di minati oleh kalangan orang, selain bisa memberikan efek positif bagi kesehatan, bersepeda juga bisa membantu menambah tinggi badan, dengan cara aturlah kursi sepeda dan biarkan jemari hanya bersentuhan dengan pedal sepeda, hal ini akan membuat peregangan dan kaki seolah olah ke tarik yang membuat tulang tulang akan tetap tumbuh.

Demikian artikel kali ini berdasar sepengetahuan sendiri, terima kasih atas kunjunganya dan semoga bermanfaat.

Posting Komentar